Minggu, 23 Juli 2017

GURU GURU HEBAT GUS MAKSUM | INFO PAGAR NUSA

KH. Abdullah Maksum Jauhari - Ulama yang sangat dikenang karena kepawaianya dibidang ilmu kanuragan dan beladiri ditahun 1950-an hingga 2000-an, beliau sangat aktif diberbagai kegiatan keagaman dan bidang beladiri pencak silat. kiprah beliau dikedua bidang ini sangat luar biasa hingga membawa nama beliau dikenang di berbagai penjuru negeri.

Bakat-bakat serta Ilmu yang beliau peroleh ditempuh dengan proses yang sangat panjang, atas ijin Allah dan ridho Guru-guru beliau, banyak ilmu yang telah diwariskan dan dituangkan kepada generasi-generasi muda melalui berbagai bidang, salah satunya adalah Pencak Silat.

KH. Abudllah Maksum Jauhari dikenal dengan nama Gus Maksum merupakan tokoh Ulama yang besar diabdi dalem Pesantren Lirboyo Kediri sekaligus menjadi salah satu cucu pendiri Pesantren Tersebut, tak ayal beliau tumbuh dewasa dengan ilmu agama yang baiik.

Selain bekal ilmu agama ada sisini lain yang sangat menarik dikehidupan Gus Maksum yaitu meiliki kharomah dibidang ilmu kanuragan yang sangat spesial diusia yang masih dini. hal ini menjadikan beliau sangat gemar mempelajari ilmu pencak silat dan memperdalam ilmu kanuragan keberbagai guru di masing-masing bidang.

Gus maksum

Kharomah yang dilimpahkan Allah kepada beliau tidak lantas membuat Gus Maksum menjadi seorang yang arogan atau sombong, atas bimbingan dan arahan Guru-guru beliau tumbuh menjadi sosok yang berbudi luhur, taat beragama dan sangat menghormati guru dan kedua orang tuanya. hingga diusia menjelang akhir hidupnya beliau masih sangat berbakti menjadi sebagai guru ngaji dan mewariskan ilmu kanuraganya menjadi sesepuh pencak silat.

Guru-guru Besar Gus Maksum

Dibimbing tidak hanya oleh satu guru saja, Gus Maksum mematangkan ilmu agama dan beladiri hingga kanuragan tak lepas dari beberapa guru dibidangnya masing-masing, berikut sanad Gus Maksum dalam menimba ilmu semasa hidup :

Guru Karesidenan Kediri
  • Kyai Jamaludin Batokan
  • Kyai Jufri,Mbah Jipang
  • Kiyai Jipang (Kyai Muhammad Batokan)
  • Kyai Kasidak (Tinggal Antara Kediri Blitar)
  • H.Munawar Jabang Kediri
  • Bapak Muhajir Mondo Kediri
  • H.Zaenal Kediri
  • Kiyai Mansur Kali Pucung Blitar (yang masih kakek dari jalur ayah)
  • Kiyai Ahmad Kemuning Kediri
  • Kiyai Ibrahim Banjar Melati Kediri
  • Habib Jufri Mrican Kediri
  • Habib Baharun Mrican Kediri
Selanjutnya Gus Maksum mulai berpetualangan dengan mematangkan ilmu beladiri dan kanuragan keberbagai wilayah dijawa. selain memperdalam ilmu pencak silat dan kanuragan Gus Maksum tetap taat memperdalam ilmu agama

Kisah Gus maksum dalam memulai belajar silat diawali dari daerah kediri dengan belajar pencak silat dari beberapa tokoh kyai sebagai pengarah dan membimbingnya, Awal mula gus maksum mulai mengenal pencak silat adalah dari seorang pendekar pengembara dari Rengas dengklok - Karawang jawa barat yang bernama Ahmad Fathoni yang ahli dalam pencak aliran Cikaret dan Cikalong.
Selain tokoh kyai diatas ada pula tokoh lain yang sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran ilmu kanurangan Gus Maksum yaitu Kyai Mahrus Ali dan Kyai Ya’kub (Lirboyo) kedua tokoh kyai ini pada eranya sangat terkenal akan kemampuan dalam ilmu olah kanuragan dan silat.

Setelah gus maksum menimba ilmu keagaman di Pesantren Lirboyo Kediri kemudian melanjutkan pengalaman berkelananya di jawa barat - Cirebon tepatnya ke Pondok Pesantren Buntet disana beliau berlajar silat langsung dengan Kyai Ilyas dan Kyai Busro dan beberapa kyai Pondok Pesantren Buntet lainnya yang memang masih keturunan dari Kyai Abbas Cirebon.

Kemudian kembali ke Pesantren Lirboyo untuk mengabdi mengajarkan ilmu agama dan beladiri yang diwariskan kesantri-santri Pesantren Lirboyo.